Memahami Definisi K3 dan Fungsinya Dalam Perusahaan

 

 

 

Jual Helm proyek murah –  Definisi K3 secara eksklusif dapat dipecah menjadi dua. Pertama, K3 secara ilmiah. OHS (Occupational Health and Safety) atau di Indonesia dikenal sebagai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) didefinisikan sebagai ilmu beserta penerapan dalam upaya mencegah kemalangan dan penyakit dampak suatu pekerjaan.
Kedua, K3 secara filosofis; yang adalahupaya guna meyakinkan integritas, kesempurnaan jasmani dan spiritual dari tenaga kerja pada terutama serta masyarakat pada lazimnya terhadap kegiatan maupun kebiasaan menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Definisi K3 Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Berikut ini ialah pemahaman mengenai K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menurut keterangan dari para ahli.
1. Mathis dan Jackson
Berdasarkan keterangan dari Mathis dan Jackson, usulan K3 ialah sebuah pekerjaan yang akan memastikan terciptanya situasi kerja yang aman untuk karyawan, menghindari gangguan jasmani dan mental melewati pelatihan K3, menunjukkan dan mengendalikan pengamalan tugas dari karyawan, serta memberikan pertolongan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik dari lembaga pemerintah dan perusahaan lokasi mereka bekerja.
2. Flippo
Berdasarkan keterangan dari Flippo, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalahsebuah pendekatan menilai standar yang paling komprehensif dan spesifik untuk karyawan dengan menilai kepandaian pemerintah mengenai praktik perusahaan di lokasi kerja dan menerapkannya melewati surat panggilan, denda, dan sanksi lainnya.
3. Hadiningrum
Berdasarkan keterangan dari Hadiningrum, pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah pengawasan terhadap sumber daya insan (SDM), permesinan, material, dan cara yang mencakup dunia kerja sehingga pekerja tidak merasakan kecelakaan.
4. Widodo
Berdasarkan keterangan dari Widodo, definisi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah sebuah bidang yang sehubungan dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan insan yang bekerja di sebuah lembaga atau tempat proyek.
5. Organisasi Kesehatan Dunia / World Health Organization (WHO)
Sementara menurut keterangan dari WHO (World Health Organization), pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah upaya yang bertujuan untuk menambah dan menjaga tingkat tertinggi kesehatan fisik, mental dan sosial untuk pekerja di seluruh jenis pekerjaan; pencegahan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh situasi kerja; serta perlindungan pekerja dari risiko pekerjaannya sebab faktor-faktor yang merugikan kesehatan.
Fungsi K3
Dalam implementasinya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai cukup tidak sedikit fungsi dan manfaat, baik guna perusahaan maupun untuk pekerja.
Berikut ini ialah beberapa faedah K3 secara umum:
• Sebagai pedoman guna mengidentifikasi, menilai risiko dan bahaya guna keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja
• Membantu menyerahkan saran mengenai perencanaan, proses pengorganisasian, desain lokasi kerja, dan implementasi pekerjaan
• Sebagai pedoman dalam mengawasi kesehatan dan keselamatan pekerja di lingkungan kerja
• Memberikan saran mengenai informasi, pendidikan, serta pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
• Sebagai pedoman dalam membuat desain, metode, prosedur, dan program pengendalian bahaya
• Sebagai referensi dalam mengukur efektivitas langkah-langkah pengendalian bahaya dan program pengendalian bahaya
Dari keterangan dan pengertian para berpengalaman yang telah dilafalkan di atas, maka dapat diputuskan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah salah satu hal urgen yang mesti diterapkan oleh seluruh perusahaan. Hal ini pun sejalan dengan amanat Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003 pasal 87.
Implementasi K3 di lokasi kerja ditujukan untuk mengayomi rekan kerja, family pekerja, konsumen, dan orang beda yang pun mungkin terpengaruh situasi lingkungan kerja. Fungsi K3 lumayan penting untuk moral, legalitas, dan finansial. Semua perusahaan yang menjadi lokasi kerja guna sekelompok orang memiliki keharusan untuk meyakinkan bahwa pekerja dan orang beda yang tercebur tetap berada dalam situasi aman sepanjang waktu.
Adapun destinasi dari K3 secara khusus ialah sebagai berikut.
• Mencegah terjadinya penyakit dampak kerja
• Meningkatkan derajat kesehatan pekerja melewati promosi K3
• Menjaga kedudukan kesehatan semua pekerja pada situasi yang optimal
• Menciptakan sistem kerja yang aman
• Mencegah terjadinya kerugian (loss) baik moril maupul materil dampak terjadinya kemalangan kerja, dan
• Melakukan pengendalian terhadap resiko yang terdapat di lokasi kerja
Tujuan K3
Berdasarkan keterangan dari Undang Undang No. 1 tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja, destinasi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah untuk mencegah kemalangan dan penyakit dampak kerja.
Di samping itu, K3 juga bermanfaat untuk mengayomi semua sumber buatan sehingga dapat dipakai secara efektif.
Sementara itu, faedah K3 secara khusus ialah sebagai berikut.
• Sebagai alat guna mengidentifikasi dan mengerjakan penilaian terhadap resiko dari bahaya keselamatan di lokasi kerja
• Sebagai perangkat untuk menyerahkan saran terhadap perencanaan dan pengorganisasian dalam praktik kerja, termasuk pun desain lokasi kerja
• Sebagai perangkat dalam menyerahkan informasi, pelatihan, dan pendidikan bersangkutan kesehatan kerja dan Alat Pelindung Kerja (APD)
• Dan sebagai perangkat dalam mengelola Pertolongan Pertama Pada Kecelakaaan serta tindakan terpaksa lainnya.
Baca juga: K3 Karyawan Dalam Perusahaan Minyak dan Gas (Migas)
Peran K3 dalam Perusahaan
Berikut ini ialah beberapa peran K3 dalam lingkungan kerja:
• Setiap tenaga kerja mempunyai hak guna mendapatkan perlindungan guna kesehatan dan keselamatan demi kesejahteraan hidup
• Setiap orang yang berada di dunia kerja harus dipastikan aman
• Semua sumber buatan harus dipakai secara tepat guna dan aman
• Merupakan perbuatan antisipatif dan preventif dari perusahaan dalam upaya meminimalisir risiko kemalangan dan penyakit dampak kerja
Maka, dalam urusan ini program Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai suatu peranan urgen dalam peradaban sebuah perusahaan dan meningkatkan kemampuan para pekerjanya guna lebih profesional.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *