APA BAHAYA YANG BISA TERJADI AKIBAT PAKAI BOX BAYI?

Box bayi menjadi salah satu perangkat bayi yang mesti ada, terutama sesudah si kecil lahir. Sampai umur sebulan, bayi pun lebih tidak sedikit tidur, kira-kira 20 jam sehari. Di samping itu, box bayi dapat digunakan sampai anak berusia 3 tahun. Maka itu, memilih box bayi yang nyaman dan aman menjadi sangat urgen untuk semua orangtua. Bagaimana teknik memilih box bayi yang sangat baik?

Memangnya, apa bahaya yang dapat terjadi dampak pakai box bayi?

Berdasarkan keterangan dari CDC atau Center for Disease Control and Prevention, pada tahun 2015 ada 3.700 bayi meninggal dunia di Amerika Serikat dampak SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Masih menurut keterangan dari kumpulan permasalahan CDC, terdapat sejumlah beberapa bahaya beda yang diakibatkan oleh box bayi, yaitu:

  • Sekitar 15 persen bayi cedera sebab jatuh dan terbentur pagar box bayi.
  • Sekitar 6 persen bayi cedera sebab terjepit pagar box.
  • Beberapa bayi merasakan memar dan tergores di dalam box mereka.
  • Sekitar 1 persen bayi meninggal sebab terjepit di dalam box.

 

Perhatikan sejumlah hal ini sebelum memakai box bayi!

  1. Baiknya letakkan bayi dalam posisi berbaring telentang ketika tidur. Jangan sekali-sekali menempatkan bayi untuk istirahat tengkurap di lokasi tidur sekalipun anak sudah dapat membalik badannya sendiri.
  2. Gunakanlah kasur yang padat, datar, pakai seprai. Ini bermanfaat untuk menangkal bayi tersedak ketika tidur sebab tenggelam di dalam kasurnya dan menghindari risiko kematian bayi mendadak.
  3. Letakkan box bayi dekat dengan Anda, jangan lain kamar atau ruangan. Usahakan box sedang di samping ranjang Anda. Ini dapat dilakukan paling tidak hingga bayi berusia 1 tahun.
  4. Jangan isi box guna bayi dengan selimut, mainan, bantalan, atau boneka. Bayi berusia 1 tahun dapat menggunakan bantalan ini guna memanjat terbit box dan bayi berisiko terjatuh.
  5. Jangan tutup kepala bayi dengan topi tidur. Ini dapat membuat bayi kepanasan dan tidak nyaman sebab berkeringat.
  6. Taruh box guna bayi jauh dari jendela. Sinar matahari dan angin yang barangkali langsung menerpa bayi bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Jangan lupa pun untuk menjauhkan box bayi dari gorden atau tirai yang menjulang tinggi. Bayi dapat terlilit atau tertimpa penahan gorden andai ia menariknya.
  7. Begitu anak kita tingginya selama 1 meter, terdapat baiknya ia mulai istirahat di lokasi tidur biasa. Jika fobia anak kita jatuh, sediakan kasur yang diletakkan di lantai dan temani supaya anak merasa nyaman terbiasa.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *