5 Hal Terbaik Yang Bisa kita Lihat di Maluku Utara

 

Berencana liburan ke Provinsi Maluku Utara namun bingung memilih objek wisata yang cocok? Berikut kami rangkumkan 5 kategorinya.

Berita Maluku adalah provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Maluku. Semula provinsi ini beribukota di Ternate, tetapi pada tahun 2010 dipindah ke Sofifi. Seabgai provinsi hasil pemekaran, lumrah bila latar belakang kebiasaan dan kulinernya tidak jauh beda. Namun demikian, provinsi ini tetap pantas untuk dijelajahi.
1. Wisata Sejarah
Saat di Ternate, kunjungilah Benteng Tolukko atau yang ketika ini lebih dikenal dengan nama Benteng Hollandia. Benteng yang di bina pada tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis ini dulu dipakai sebagai pertahanan terhadap bangsa Spanyol yang sedang menggempur pulau Ternate. Di samping itu, benteng ini pun dijadikan sebagai lokasi untuk menggiring rakyat Maluku yang melarikan diri dari serangan Spanyol supaya mau kembali bermukim di lokasi ini. Di samping Benteng Tolukko, ada pun Benteng Kalumata dan Benteng Bernaveld.

Anda juga dapat mengunjungi Istana Kesultanan Ternate yang terletak di dataran pantai di Kampung Soa-Sio, Kelurahan Letter C, Ternate, tidak jauh dari pusat kota. Di lingkungan istana ada komplek pemukiman raja dan keluarganya serta komplek makam semua pendahulu kesultanan. Istana bergaya Eropa yang menghadap ke arah laut ini, berada dalam satu komplek dengan mesjid kesultanan yang didirikan oleh Sultan Hamzah, Sultan Ternate ke-9. Di samping itu, istana megah ini pun menyimpan, mengasuh dan memamerkan benda-benda pusaka kepunyaan kesultanan, laksana senjata, pakaian besi, pakaian kerajaan, topi-topi perang, alat-alat lokasi tinggal tangga dan naskah-naskah kuno (Al-Quran, maklumat, dan surat-surat perjanjian).

2. Wisata Alam
Jika di Pulau Jawa ada Gunung Semeru yang adalahgunung tertinggi dan diandalkan sebagai lokasi peristirahatan semua dewa, maka di Maluku Utara terdapat Gunung Gamalama yang pun mempunyai mitos dan keindahan alam yang luar biasa. Perjalanan mengarah ke Gunung Gamalama bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat Kota Ternate. Untuk memanjat Gunung Gamalama, pendaki mestilah dalam jumlah genap sebab masyarakat ternate percaya andai mendaki dengan jumlah ganjil, maka di antara dari mereka bakal celaka. Banyak keindahan alam yang dapat Anda lihat, mulai dari hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lerengnya, hutan yang hijau dan luas, serta keindahan pemandangan Pulau Ternate, Pulau Halmahera, Pulau Tidore dan hamparan laut yang biru yang dapat disaksikan dari puncaknya.

Seperti halnya Provinsi Maluku, provinsi ini pun berbentuk kepulauan yang terdiri dari sejumlah pulau kecil dan besar. Karena itulah, Anda bisa menjumpai puluhan pantai cantik yang berpasir putih dan air laut yang jernih. Pantai yang sangat terkenal ialah Pantai Sulamadaha di Ternate, yang mempunyai air sebening kaca.

Maluku Volcano, Indonesia
3. Wisata Bahari
Teluk Jailolo sudah lumayan dikenal sebagai lokasi untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang bening menjadi daya tariknya yang sangat utama. Di samping itu, kita juga dapat menyelam di lokasi Pantai Sulamadaha, bahkan di laut yang terdapat di samping mall dan di depan Masjid Agung Ternate. Baik Maluku maupun Maluku Utara ialah tempat yang sangat menakjubkan untuk kegiatan wisata bahari sebab kondisi perairannya yang masih paling terjaga. kita juga dapat menyelam di lokasi Halmahera Selatan laksana Pulau Gunange / Makian, Kepulauan Guraichi, Saleh, sampai ke Pulau Bacan. Beberapa website diving beda di Pulau Halmahera ialah di Halmahera Timur, Weda dan Morotai.

4. Wisata Seni dan Budaya
Di lokasi provinsi Maluku Utara, satu tahun sekali dilangsungkan Festival Teluk Jailolo. Selain tersebut ada pun Festival Legu Gam yang diadakan oleh Kesultanan Ternate. Beberapa seni kebiasaan khas Maluku Utara yang sudah lumayan terkenal diantaranya ialah Tari Cakalele yang melibatkan minimal 30 orang penari laki-laki dan perempuan. Bagi kerajinan tangan khas Maluku Utara, terdapat kerajinan tangan Besi Putih yang berasal dari pulau Morotai. Kerajinan tangan ini didapatkan dengan memanfaatkan sisa-sisa perangkat tempur Perang Dunia II yang tidak sedikit ada di sana. Biasanya sisa-sisa perangkat tempur ini diubah menjadi kalung, cincin, gelang, pisau komando dan pelbagai jenis lainnya. Selain tersebut ada pun kerjainan tikar pandan yang merupakan kemampuan khas Halmahera Utara yang telah diwariskan turun temurun antar generasi.

5. Wisata Kuliner
Beberapa kuliner khas Maluku Utara sama dengan yang terdapat di Maluku, yakni kue serut atau Bagea dan ikan asar / asap. Namun demikian, Anda pun harus menyantap papeda, makanan dari sagu yang pun ada di wilayah Papua. Di samping itu, ada pun halua kenari, ikan asap fufu dan gohu ikan. Gohu ikan yang lumayan terkenal ialah Gohu Ikan Cakalang yang terdapat di RM Poppeda, Pasar Bahari Berkesan, Ternate. Bagi menu sarapan, masyarakat Ternate sangat menyukai Nasi Kuning Ikang Telur, yakni sajian nasi kuning dengan daging ikan tongkol, singkong, mie dan telur. Anda dapat mencoba menu ini di Rumah Makan Al-Hikmah, Jl. Nasution, Ternate.

Saat malam hari, kunjungilah area Tapak di Ternate. Di sini Anda dapat mencicipi “Pisang Mulut Bebek”, jenis pisang khas wilayah ini. Uniknya, pisang ini dihidangkan dengan sambal tore, sambal khas Ternate yang dibaur dengan ikan asin sebagai pelengkap cocolannya, kemudian ada pun kacang goreng dan ikan teri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *